Kacang polong

Kacang-kacangan berfungsi sebagai sumber protein yang baik. Mereka disajikan setiap kali makan. Kacang direndam dalam air selama beberapa jam dan kemudian direbus sampai lunak. Terkadang dicampur dengan sayuran lain untuk membuat sup atau rebusan.

Buah dan sayur-sayuran

Buah dan sayuran yang paling penting adalah cabai, tomat, ubi jalar, bawang bombay, dan alpukat. Squash juga sangat populer, termasuk cukini dan labu. Bijinya dimakan segar, dikeringkan atau dipanggang.

Tomat merah dan hijau sering dicampur dengan cabai dalam saus atau sebagai isian tamale. Suku Aztec juga memakan berbagai jamur termasuk jamur api jagung parasit yang tumbuh di telinga jagung. Buah-buahan utama yang dikonsumsi adalah jambu biji, pepaya, apel custard, zapotes, mamey dan chirimoyas.

Daging dan ikan

Pola makan Aztec sebagian besar didominasi oleh buah dan sayuran, namun mereka memakan berbagai jenis ikan dan hewan liar. Kelinci, burung, katak, berudu, salamander, iguana hijau, gopher saku dan serangga (serta telur dan larva mereka) semuanya berfungsi sebagai sumber makanan yang berharga.

Suku Aztec juga memakan kalkun, bebek, dan anjing peliharaan, dan terkadang hewan liar yang lebih besar seperti rusa. Namun, ini hanya dimakan pada kesempatan langka.

Minum

Minuman Aztec yang paling umum adalah ātōle dan pulque – jus maguey yang difermentasi (tanaman abad) yang merupakan minuman utama rakyat jelata.

Ātōle menyumbang cukup banyak asupan kalori harian. Terbuat dari 8 bagian air dan 6 bagian jagung dengan jeruk nipis, campuran tersebut akan dimasak hingga lunak dan mengental.