IDENTITAS.CO.ID, MAROS – Bupati Maros Chaidir Syam akan merombak manajemen Perusda PT Bumi Maros Sejahtera (PT BMS). Langkah ini diambil Bupati Maros setelah menemukan adanya kejanggalan dalam pengelolaannya.

Inspektorat menemukan adanya penyertaan modal yang tidak dipergunakan dengan baik. “Hasil dari temuan inspektorat, ditemukan adanya beberapa kejanggalan dalam pengelolaannya. Makanya pemerintah akan mengambil langkah untuk merombak manajemen yang ada,” kata Bupati Chaidir, Kamis (25/8/2022).

Bupati Chaidir juga menyebutkan PT BMS salah pilih usaha. Ada beberapa yang hanya lari ke biaya operasional saja. Berdasarkan perhitungan, Pemkab Maros dirugikan Rp1 miliar dalam penyertaan modalnya.

Meski akan melakukan perombakan, namun Chaidir dengan tegas mengaku tak akan membubarkan perusda. Meski pun diakuinya sudah ada tiga perusda yang memiliki catatan buruk.

“Jika berkaca beberapa tahun yang lalu memang ada perusda yang dibubarkan. Seperti Perusda Pertanian dan Perusda Aset. Pembubaran dilakukan karena dua perusda ini tidak berjalan dengan baik,” sebutnya.

Terpisah, Ketua DPRD Maros Andi Patarai Amir mengatakan, pihaknya telah memberikan dua opsi kepada pemerintah, yakni membubarkan atau memperbaiki manajemen perusda.