IDENTITAS.CO.ID, MAKASSAR – Forum Guru Besar dan Dosen Unhas mengeluarkan pernyataan sikap terkait Pemilu dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024.

Pernyataan sikap digelar di halaman depan Rektorat Unhas, Selasa 2 Februari 2024, dibacakan oleh guru besar Fakultas Teknik Unhas, Prof. Triyatni Martosenjoyo,

Dalam pernyataan yang disampaikan, forum ini mengingatkan Presiden Jokowi dan semua pejabat negara yang berada dalam kabinet tetap pada koridor demokrasi.

Selain itu juga meminta agar KPU, Bawaslu dan DKPP bekerja secara profesional sesuai peraturan yang berlaku.

Berikut pernyataan sikap yang disampaikan :

1. Senantiasa menjaga dan mempertahankan Pancasila dan UUD 1945 dalam pelaksanaan pemilu sebagai instrumen demokrasi.

2. Mengingatkan Presiden Jokowi, dan semua pejabat negara, aparat hukum dan aktor politik yang berada di kabinet presiden untuk tetap berada pada koridor demokrasi, serta mengedepankan nilai-nilai kerakyatan dan keadilan sosial serta rasa nyaman dalam berdemokrasi.

3. Meminta KPU, Bawaslu, DKPP selaku penyelenggara pemilu agar bekerja secara profesional dan bersungguh-sunggu sesuai peraturan yang berlaku. Penyelenggara pemilu senantiasa menjunjung tinggi prinsip independen, transparan, adil, jujur, tidak berpihak,dan teguh menghadapi intervensi pihak manapun.

4. Menyerahkan kepada masyarakat  dan elemen bangsa secara bersama-sama mewujudkan iklim demokrasi yang sehat dan bermartabat untuk memastikan pemilu berjalan secara jujur, adil dan aman agar hasil Pemilu dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden mendapat legitimasi kuat berbasis penghormatan suara rakyat. (***)