IDENTITAS.CO.ID, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali mengkuhkan dua guru besar pada Selasa (04/07/2023) kemarin.

Uniknya, guru besar yang dikukuhkan kali ini merupakan kakak beradik. Mereka adalah Prof. Zulkifli Djafar dan Prof. Zuryati Djafar. Keduanya sama-sama menjadi guru besar di faklutas yang sama, yakni Fakultas Teknik Unhas.

Zulkifli dikukuhkan sebagai Profesor dalam bidang Ilmu Kekuatan Material dan menjadi guru besar ke-470 Unhas.

Pada acara pengukuhannya ini, Prof. Zulkifli memberikan pemaparan tentang “Peluang dan Tantangan Komposit Berbasis Serat Alam Rami Sebagai Material Alternatif Badan Kapal”.

Dalam penjelasannya, Prof Zulkifli mengatakan adanya peningkatan permintaan industri terhadap serat alam merupakan langkah awal untuk mengembangkan penggunaan serat alam rami.

Serat rami merupakan serat alam berbasis selulosa. Penggunaan komposit serat alam rami saat ini telah mulai dikembangkan dan mulai banyak material komposit serat rami yang telah dan sementara diteliti. Salah satu penelitian yang telah dilakukan menggunakan material komposit serat rami adalah kemampuan matrik komposit terhadap kekuatan tembakan.

“Peluang penggunaan komposit serat rami terbuka lebar sebagai alternatif badan kapal. Tumbuhan ini cocok pada lingkungan dan iklim tropis Indonesia. Sehingga, pengadaan atau ketersediaan material serat rami dapat berkesinambungan. Telah banyak penelitian yang menunjukkan penggunaan komposit serat rami untuk alternatif badan kapal,” jelas Prof. Zulkifli.