IDENTITAS.CO.ID, MAJENE – Kantor Kementerian Agama atau Kemenag di berbagai daerah terus melakukan berbagai persiapan jelang pemberangkatan haji 1445 Hijriah. Seperti di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, Kantor Kementerian Agama atau Kemenag setempat mulai menggelar bimbingan manasik haji secara massal.

Bimbingan manasik haji tingkat kabupaten ini berlangsung di Gedung Balai Penjamin Mutu Pendidikan atau BPMP Sulbar. Ada sebanyak 250 orang jamaah mengikuti bimbingan manasik, Dari jumlah tersebut, 44 atau 17 persen diantaranya merupakan jemaah haji lanjut usia atau lansia.

Dalam manasik haji ini, para jemaah diedukasi mulai dari persiapan pemberangkatan hingga menjalankan ibadah pada musim haji 2024 ini.

Ratusan jemaah haji ini akan menjalani bimbingan manasik haji selama 10 kali, dengan rincian 2 kali tingkat kabupaten dan 8 kali tingkat kecamatan yang dibagi dalam 3 zona.

Ratusan jemaah haji ini dinyatakan telah melewati pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan layak berangkat sebelum lakukan pelunasan.

Rencananya, pemberangkatan 250 jemaah haji Kloter 7 Embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan ini akan diberangkatkan pada pertengahan Mei mendatang.