IDENTITAS.CO.ID, POLMAN – Ratusan pemudik tujuan Kalimantan tertahan di Pelabuhan Silopo, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Rabu (17/4/2034).

Para penumpang kapal ini tertahan lantaran tidak dapat tiket dan menunggu jadwal keberangkatan kapal lainnya. Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 93 yang seharusnya mengangkut para penumpang pada Selasa (16/4/2024) kemarin, ternyata Full saat berangkat dari Pelabuhan Majene, sehingga tidak memungkinkan untuk mengangkut penumpang yang ada di pelabuhan Silopo.

Akibatnya pemudik yang dominan tujuan Kota Baru, Kalimantan Selatan ini terpaksa tertahan dan menginap dipelabuhan Silopo.

Seperti pemudik asal Kota Baru, Kalimantan Selatan, Zainal Ali Akbar, ia  mengaku dirugikan atas kejadian ini, mereka menyayangkan sikap Pelabuhan yang kurang mengantisipasi lonjakan penumpang sehingga merugikan pemudik.

“Kami merasa dirugikan, karena harapan kita berangkat kemarin tetapi tidak jadi, kita hanya bisa pasrah menunggu kapal selanjutnya,” kata Zainal saat ditemui di Pelabuhan Silopi, Rabu (17/4/2024).

Pemudik yang berangkat dari Kota Makassar ini rencananya akan kembali ke Kalimantan bersama Istri dan 3 orang anaknya, namun saat tiba di pelabuhan Silopo kapal yang akan mengangkut pemudik full sehingga ia dan keluarganya gagal berangkat.

“Saya tiba di Pelabuhan Silopo hari Selasa kemarin, sesuai jadwal Kapal yang akan berangkat, namun setibanya disini kapal dari Pelabuhan Majene ternyata Full, pihak pelabuhan menyampaikan katanya akan ada kapal tambahan makanya kita nginap terpaksa nginap di Pelabuhan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, ia bersama keluarganya terpaksa menginap di Pelabuhan lantaran kondisi keuangannya sudah menipis, ditambah lagi jika kembali ke Makassar akan mengeluarkan biaya yang lebih besar lagi.

“Sebisa mungkin kita menghemat uang, bekal yang kita bawa dari rumah untuk dimakan diatas kapal dari kemarin kita makan, sekarang sudah habis, terpaksa kita belanja seadanya untuk makan yang jelas kita bisa sampai ke Kalimantan,” jelasnya.

Dari pantauan Identitas.co.id, terlihat sejumlah anak-anak dan perempuan terpaksa tidur di aula dan ruangan yang ada di Pelabuhan dengan beralaskan sarung dan tikar, nampak raut wajah dari pemudik ini kelelahan setelah 24 jam lamanya mereka menunggu jadwal keberangkatan kapal.

Para pemudik saat ini menungu KM Sabuk Nusantara 111 yang berangkat dari Pelabuhan Mamuju, Sulawesi Barat, yang diperkirakan akan tiba di Pelabuhan silopo pada Rabu (17/4) malam sekitar pukul 22:00 Wita.

Para penumpang berharap agar pemerintah menambah jumlah kapal untuk melayani warga yang hendak kembali ke kampung halaman usai mudik Hari Raya Idul Fitri. Hal ini agar penumpang tidak tertahan seperti ini.