IDENTITAS.CO.ID, MAMUJU – Tim Sar Gabungan melakukan evakuasi terhadap penumpang Kapal Bigetron GT-6 yang terbalik di Perairan Sumare Mamuju, Sulawesi Barat, pada Kamis (21/12/2023).

Kapal Nelayan ini berlayar dari Pulau Ambo, Kecamatan Balabalakang, menuju dermaga Desa Sumare, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju membawa penumpang sebanyak 37 orang, 33 orang berhasil di evakuasi dengan selamat, 2 orang meninggal dunia, sementara 2 lainnya masih dalam pencarian.

Kapal nelayan yang tidak diperuntuhkan untuk mengangkut penumpang ini diduga alami over kapasitas sehingga mengalami kecelakaan sekitar pukul 15.00 wita setelah di hantam ombak dan terbalik di tengah laut.

Tim Sar Gabungan mengerahkan kapal Sar dan puluhan personil gabungn untuk melakukan pencarian dan evakuasi terhadap korban kecelakaan kapal.

Kepala Basarnas Mamuju, Muh. Rizal mengakatan, Saat ini Tim Sar Gabungan berhasil menemukan korban selamat  sebanyak 33 orang, 2 orang meninggal dunia, dan 2 lainnya masih dalam pencarian.

“Terakhir dari SAR mengevakuasi satu jenazah kemudian ada kapal nelayan yang melakukan pencarian telah mengevakuasi 3 orang dengan kondisi selamat, jadi total pada pukul 10.54 ini total ada 33 korban yang di temukan selamat, dua korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, dan saat ini orang masih ada dua dalam pencarian,” kata Rizal, Kamis (21/12/2023).

Menurutnya, proses evakuasi terhadap korban kapal tenggelam dengan cara di drop menggunakan Kapal Sar, kemudian Tim Sar kembali melakukan pencarian.