IDENTITAS.CO.ID, MAKASSAR – ASEAN Architect Congress (AAC) atau Kongres Arsitek ASEAN yang digelar Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) di Hotel Gammara Kota Makassar resmi dibuka, Kamis (27/07/2023).

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan turut hadir di pembukaan Kongres Arsitek ASEAN. Menurutnya, pertemuan ini menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas SDM arsitektur Indonesia.

“Mudah-mudahan Kongres Arsitek ASEAN ini menjadi ajang komunikasi, karena kata kuncinya adalah kerja sama. Kita banyak SDM arsitek,” kata Mendag Zulkifli Hasan.

Dengan kualitas yang dimiliki, Mendag Zulkifli Hasan meyakini arsitek Indonesia mampu bersaing dengan arsitek dunia. Tidak hanya di negara ASEAN, tapi juga negara-negara lain.

“Arsitek-arsitek kita bisa ke negara ASEAN, bahkan dunia. Jadi pasarnya luas, tapi itu bergantung dari kemampuan arsitek kita, tinggal adu kemampuan saja,” ujarnya.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perdagangan telah melakukan perjanjian kerja sama di bidang perdagangan jasa dengan negara-negara lain.

Salah satunya melalui ASEAN Framework Agreement on Services (AFAS) yaitu bentuk kerja sama guna untuk mencapai integrasi ekonomi ASEAN di bidang jasa.