IDENTITAS.CO.ID, JAKARTA – Aplikasi WhatsApp telah berjalan lebih dari 10 tahun. Sejak didirikan pada tahun 2009 lalu, WhatsApp kini menjelma menjadi aplikasi yang sangat digemari masyarakat dunia lantaran kemudahan dan kenyamanan penggunaannya.

Hadirnya WhatsApp secara perlahan menggeser dominasi presedennya, yakni layanan pesan singkat (SMS) dan pesan instan Blackberry Messenger dan Yahoo Messenger.

Sejarah lahirnya WhatsApp bermula dari dua orang mantan karyawan Yahoo, yakni Jan Koum dan Brian Acton. Adapun kedua karyawan ini tercatat pernah bekerja di yahoo selama 20 tahun.

Keinginan menciptakan sebuah aplikasi telekomunikasi muncul setelah Jan Koum menyadari potensi besar dari industri aplikasi App Store yang kala itu baru berumur beberapa bulan.

Konsep awal Jan Koum sederhana. Awalnya ia ingin membuat sebuah aplikasi yang dapat menunjukkan status di sebelah nama individu pengguna, melansir Feedough.

Lalu Koum kemudian mendiskusikan ide tersebut dengan Brian Acton. Guna mendapatkan wawasan dan ide lebih banyak, keduanya kemudian bertemu dengan Alex Fishman.

Mereka sadar bahwa sulit menciptakan ide tersebut tanpa bantuan pengembang IOS. Fishman lalu mengenalkan Koum dengan pengambang IOS asal Rusia, Igor Solomennikov.