IDENTITAS.CO.ID, PARE-PARE – Perkuat daya saing pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di era global, Indibiz Witel Sulbagsel bersama Rumah BUMN Parepare kembali menggelar pelatihan bertajuk “Optimalisasi Produk UKM untuk Menembus Pasar Global: Inovasi, Kualitas, dan Daya Saing”.

Kegiatan yang berlangsung di Indibiz Experience Center, Plasa Telkom Parepare, ini diikuti oleh 35 peserta, terdiri dari pelaku UKM binaan Rumah BUMN serta kalangan milenial.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha lokal agar mampu beradaptasi dengan perkembangan tren pasar global melalui penguatan inovasi, peningkatan kualitas produk, dan penerapan strategi digital.

Dalam kesempatan tersebut, fasilitator Rumah BUMN Parepare, Musafirah Syam, menyampaikan pentingnya kreativitas dan inovasi sebagai kunci agar produk lokal dapat diterima di pasar internasional.

“Pelaku UKM harus berani melakukan terobosan, baik dalam kemasan, cita rasa, maupun strategi pemasaran digital. Inovasi yang konsisten akan menjadikan produk lokal memiliki daya saing global,” ujarnya.

Selain sesi utama, kegiatan ini juga diisi dengan paparan dari Tim Business Service Indibiz Telkom, Hendra Wijaya yang memperkenalkan berbagai program dan solusi digital untuk mendukung pertumbuhan UKM, mulai dari layanan konektivitas hingga platform bisnis berbasis teknologi.

“Transformasi digital menjadi fondasi penting bagi UKM untuk memperluas pasar, meningkatkan efisiensi operasional, dan bersaing di tingkat global,” ungkap Hendra.

Melalui kegiatan ini, Telkom melalui Rumah BUMN Parepare menegaskan komitmennya untuk terus berperan aktif dalam mengembangkan ekosistem wirausaha digital di daerah.

Kolaborasi antara Rumah BUMN dan Indibiz diharapkan dapat mempercepat proses digitalisasi UKM serta membuka peluang baru bagi pelaku usaha lokal untuk naik kelas menuju pasar internasional.