Polman, Identitas.co.id – Warga dusun Jambu Males, Kecamatan Anreapi, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, secara sukarela membangun posko pemenangan untuk Andi Bebas Manggazali menyambut Pilkada nanti.

Posko yang terbuat dari bahan kayu itu didirikan di pinggir jalan Poros Polman – Mamasa.

Di tengah banyaknya masalah Polman mulai dari kebersihan, kesenjangan hingga kesehatan, kehadiran Bebas dianggap sebagai solusi untuk memajukan Polman. Bebas memiliki rekam jejak tersebut. Selama 30 tahun mengabdi sebagai ASN, Bebas dianggap mampu mengelola pemerintahan.

Mengharapkan perubahan, warga kecamatan Anreapi ingin merasakan sentuhan secara langsung oleh pemerintah yang selama ini menurut mereka belum maksimal.

Bebas Manggazali yang melakukan kunjungan ke posko tersebut mengaku bersyukur. Kata dia, posko ini akan menjadi semangat bagi relawan dan bagi dirinya untuk membangun Polman.

Bebas sangat senang dan bangga dengan ketulusan warga memberikan dukungannya kepada dirinya untuk menahkodai Polman. “Saya sangat  berterima kasih kepada relawan atas dukungan semua,” ucapnya.

Bebas berjanji ketika diberi amanah nantinya akan membawa perubahan sesuai dengan taglinenya menata kota membangun desa. “Kita wujudkan daerah Polman sebagai daerah maju, dari ekonomi, pariwisata, olahraga pembangunan yang merata dan berkeadilan,” bebernya.

Sekadar diketahui, Bebas memulai karir awalnya dimulai di Dinas Perhubungan Pemkab Poso, Sulteng. Jabatan pertama diembannya sebagai Kepala Seksi Dinas Perhubungan dan Pariwisata  pada Kantor Bappeda tingkat II Poso.

Setelah itu , Bebas kembali menjabat Kepala Sub Bagian Pengendalian  pada bagian penyusunan  Program Setwilda tingkat II Poso. Lalu Kepala Seksi Tataruang Tataguna Tanah pada Bappeda Poso. Kasi Pemantauan  pengendalian dan pelaporan pada Dinas Kipmpraswil Poso.

Setelah hampir 20 tahun di Poso, awal dekade 2000, Andi Bebas mutasi ke Dinas Kimpraswil Polmas (Polewali Mamasa). Jabatannya saat itu sebagai PLt Sub Dinas Kebersihan dan Pertanian. Bebas juga pernah menjabat Kepala Seksi Irigasi dan Rawa pada bidang pengairan Dinas PU Sulbar.

Kepala Bidang Pengembangan dan kelembagaan usaha di Dinas Kelautan dan Perikanan Polman. Kabid Fisik Sarana dan Prasarana Bappeda Polman.

Karier teritorialnya dimulai saat jadi Pj Kepala Desa di Luyo dan lanjut jadi Camat di Luyo, kampung pedalaman dan terpencil Polman Saat Sulbar mekar jadi provinsi baru, lepas dari Sulsel, Andi Bebas diamanatkan jadi Kadis Tenaga Kerja.

Kemudian jadi karateker Bupati Mamuju, dan diamanatkan sesuai disiplin ilmunya, kadis perumahan dan pemukiman Sulbar, setelah gempa dahsyat menghantam Mamuju, Majene dan sebagian Polewali. Tahun 2019, tepatnya 30 Desember 2019, dia mendapat amanat sebagai Sekda Polman . (*)