Polman, Identitas.co.id – Memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara optimal hingga ke kampung-kampung, menjadi prioritas utama bagi Andi Bebas Manggazali kelak jika mendapat amanah sebagai Bupati Polman.

Sekretaris Daerah (Sekda) Polman ini berharap, ke depan sarana dan prasarana Puskesmas dan Puskesmas Pembantu (Pustu) hingga Posyandu di wilayah kampung, agar ditingkatkan.

“Itu rumah sakit nggak perlu lagi diperbesar bangunannya. Yang harus diperhatikan adalah fasilitasnya harus lengkap. Jadi nggak perlu diperbesar lagi. Yang harus diperkuat sekarang adalah puskesmas dan pustu,” kata Bebas, Sabtu, (15/6/2024).

Menurutnya, peningkatan fasilitas sangat penting dalam hal layanan kesehatan bagi masyarakat, Terutama, yang aksesnya ke rumah sakit jauh.

Sehingga lanjut dia, ketika membutuhkan perawatan kesehatan yang cepat, masyarakat mendapatkan layanan kesehatan di Puskesmas maupun Pustu terlebih dahulu.

Upaya ini kata Bebas, juga dilakukan sebagai cara meminimalisir terjadinya keterlambatan pelayanan di rumah sakit, karena antrean lantaran banyaknya pasien.

“Jadi biar diare nggak perlu lagi ke rumah sakit. Cukup di Puskesmas atau Pustu,” ucapnya.

Selain masalah peningkatan fasilitas, Bebas juga akan membentuk tim khusus. Tim ini akan ditugaskan untuk mencari warga yang sakit dan selanjutnya diperiksa.

“Seperti istilah kedokteran, lebih baik kita mencegah dari pada mengobati, misalnya kalau cuma demam, kan obatnya Bodrex,” tuturnya.

Sekadar diketahui, Bebas saat ini tengah ramai dibicarakan masyarakat Polman. Itu setelah dirinya menyatakan maju sebagai calon bupati Polman.

Hal tersebut, ditunjukkan setelah mengikuti sejumlah prosesi penjaringan di partai Politik.

Adapun visi yang diusung Andi Bebas, di antaranya peningkatan kualitas hidup dan kehidupan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat, khususnya di perdesaan.

Adapun misi yang diemban yakni mewujudkan peningkatan kualitas manusia yang unggul, mewujudkan sarana dan prasarana kawasan perkotaan Polewali yang tertata, maju dan berkelanjutan.

Di samping itu, ia bertekad mewujudkan struktur perekonomian yang inklusif dan berdaya saing, mewujudkan penguatan pemberdayaan ekonomi lokal perdesaan, dan mewujudkan transformasi pelayanan publik, dan tata kelola pemerintahan.

Berbekal segudang pengalamannya di pemerintahan, Andi Bebas meyakini mampu mewujudkan visi dan misinya itu, jika diberi kesempatan untuk menjadi nakhoda Polman. (Rls)