Polman, Identitas.co.id – Peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini menjadi salah satu perhatian Sekretaris Daerah (Sekda) Polewali Mandar (Polman) Andi Bebas Manggazali .

Menurutnya pendidikan anak yang berkualitas dapat memberikan dampak yang signifikan bagi peningkatan kualitas hidup anak di masa mendatang.

“Pemerintah kabupaten Polman sangat mengharapkan ke depan bahwa di pundak anak-anak kita ini dititipi menjadi orang yang terpelajar, terbaik, sehingga bisa membawa Polman lebih bagus ke depan,” harap Bebas di acara Peralihan dan Refleksi Akhir Tahun TK Pertiwi Polewali tahun ajaran 2023-2024.

Kegiatan yang mengusung tema “Waktu Berlalu, Kenangan Abadi” berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Polman, Selasa, (11/6/2024).

Untuk mewujudkan itu, dibutuhkan peran guru Taman Kanak-kanak (TK) dalam mendidik generasi penerus menjadi lebih unggul.

Peran guru TK tak bisa dipandang sebelah mata, sebab mereka peletak dasar pendidikan karakter anak setelah keluarga. Selain guru, pendidikan di TK harus didukung dengan lingkungan rumah dan masyarakat.

“Ada peran yang harus diperhatikan. Pertama adalah orang tua, kenapa? Karena anak-anak ini berhadapan guru cuma kurang lebih dua tiga jam. Sisanya bagaimana orang tua mendidik anak-anaknya,” ucapnya.

Orang tua di rumah harus aktif memberikan pendampingan anaknya pada saat berada di rumah, sekaligus sebagai upaya memperkuat kedekatan anak dan orang tua.

“Harus diperhatikan gizinya, perhatiannya. Karena anak-anak usia begini cara belajarnya itu bermain, sambil belajar . Sehingga saya sangat berharap orang tua memberi perhatian serius bagi anak-anak,” tutupnya. (Rls)