IDENTITAS.CO.ID, Makassar – SMA Islam Athirah 1 Makassar menjadi tuan rumah pelaksanaan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah Swasta (MKKSS) pada Rabu (29/5/2024). Acara ini mengumpulkan para kepala sekolah swasta di Makassar untuk berbagi pengalaman, berdiskusi, dan mengevaluasi program pendidikan guna meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah swasta.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan dari unsur pemerintah dan komunitas organisasi MKKSS lainnya, termasuk Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, Dr. Andi Ibrahim, M.Pd., Kepala Seksi SMA, Andi Karmila, S.Pd., dan Kepala Seksi SMK, Hamran, S.Pd., M.Pd.

MKKSS merupakan komunitas khusus bagi para kepala sekolah swasta yang bertujuan untuk menumbuhkan kerjasama dalam penyebaran informasi, komunikasi, dan kolaborasi dalam pengembangan mutu pendidikan.

Kegiatan ini terdiri dari dua sesi Utama, yakni Sharing Session dan Refleksi.

Sharing Session menghadirkan pembicara berpengalaman yang bertujuan memantik strategi membangun citra sekolah swasta yang positif. Pembicara memberikan wawasan tentang bagaimana kepala sekolah dapat merancang program yang menarik bagi peserta didik dan calon peserta didik, serta mengadaptasikan manajemen kepemimpinan yang modern untuk memenuhi kebutuhan generasi Z dan guru-guru milenial.

Sesi ini bertujuan meningkatkan kemampuan manajemen yayasan dan kepala sekolah dalam mengelola sekolah swasta di era modern.

Pada sesi refleksi, para kepala sekolah mengevaluasi diri secara lembaga terkait akhir tahun pelajaran 2023/2024 dan mempersiapkan diri menghadapi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024. Diskusi fokus pada evaluasi permasalahan yang dihadapi masing-masing sekolah, seperti PPDB, guru P3K, dan perlunya sekolah swasta besar melakukan pendampingan kepada sekolah swasta kecil. Hal ini bertujuan memotivasi kolaborasi antar sekolah swasta untuk maju bersama.

“Kegiatan ini adalah momentum baik untuk saling silaturrahim para kepala sekolah swasta di Kota Makassar, dimana SMA Swasta jumlahnya cukup banyak kurang lebih 100 unit, jika ini berdaya dan diberdayakan akan bisa menjadi kekuatan besar yang bersinergi dengan sekolah SMA Negeri dalam kemajuan pendidikan di Sulsel,” ujar Tawakkal Kahar, S.Pd.,M.Pd selaku Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar sekaligus ketua Panitia MKKSS 2024.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kerjasama dan kolaborasi antar kepala sekolah swasta dapat semakin kuat, sehingga mampu bersama-sama memajukan kualitas pendidikan di Sulawesi Selatan.