Polman, Identitas.co.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat, Andi Bebas Manggazali kembali menyerahkan bantuan alat mesin pertanian kepada kepada kelompok tani.

Bantuan mesin berupa pompa air itu sebagai upaya pemerintah Polewali Mandar dalam rangka mendukung program Perluasan Areal Tanam (PAT) yang diinisiasi oleh Kementerian Pertanian (Kementan).

Penyerahan dilakukan di Kantor Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Polman, Selasa 28 Mei 2024.

Acara itu dihadiri Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Andi Afandi Rahman dan jajarannya, Forkopimda, sejumlah petani, serta para penyuluh pertanian.

Menurut Andi Bebas, pertanian di Polewali Mandar merupakan penggerak roda perekonomian di Sulawesi Barat, termasuk di Polman.

Dengan bantuan sarana dan prasarana pertanian ini diharapkan meningkatkan produksi ketahanan pangan, terutama di daerah sawah tadah hujan.

Dalam kesempatan itu pula, mantan Camat Luyo ini menegaskan, masalah petani harus menjadi perhatian serius pemerintah, tidak hanya masalah air. Tetapi juga ketersediaan pupuk untuk menopang produksi pertanian.

“Kebutuhan pupuk di sini (Polewali Mandar) sangat sangat tidak mencukupi. Biasa petani mengharapkan KCL, NPK yang datang, mana bisa tumbuh seperti itu,” imbuh Bebas.