IDENTITAS.CO.ID, MAMUJU – Tim Sar Gabungan kembali melakukan pencarian terhadap dua korban Kapal Bigetron GT-6 yang mengalami kecelakaan di Perairan Mamuju, Sulawesi Barat.

Pencarian hari ke 3 ini mengerahkan unsur potensi sar dengan membagi 4 Sru dengan menyisir kembali area perairan Mamuju, dengan terfokus pada penyisiran KN SAR PARIKESIT 251 melakukan pencarian sejauh radius 173 NM² dari arah selatan.

Kemudian juga diluncurkan Rubber Boat yang menyisir area sekitar pesisir pantai wilayah mamuju sejauh 9 NM². Dan 14 perahu nelayan juga ikut membantu pencarian, serta satu unit drone di terbangkan untuk membantu melakukan pencarian melalui udara.

Namun hingga Sabtu Sore, hari ketiga pencarian belum ditemukan adanya tanda-tanda keberadaan korban, pencarian masih terus dilanjutkan hingga sore hari.

Kepala seksi operasi Basarnas Mamuju, Aswadi, mengatakan, Pencarian hari ke 3 Tim Sar Gabungan kembali melakukan pencarian terhadap korban Kapal tenggelam bernama Ahmad dan Kasiani.

“Hari ini Tim Sar Gabungan kembali melakukan pencarian terhadap dua orang korban kapal tenggelam di perairan Mamuju, pencarian dibagi menjadi 4 sektor dengan mengerahkan 4 Sru,” kata Aswadi, Sabtu (23/12/2023).

Menurutnya, untuk mempermudah melakukan pencarian pihaknya juga melibatkan melibatkan 14 kapal nelayan, Kapal nelayan yang dikerahkan melakukan penyisiran di sekitar lokasi kecelakaan Kapal Bigetron GT-6.  

“Tiga SRU lainnya yang dikerahkan untuk melakukan pencarian dua penumpang Kapal Bigetron GT-6 yang belum ditemukan, yakni KN SAR Parikesit 251, RIB 02 milik Basarnas serta perahu karet, pada RIB 02, dan tim SRU perahu karet melakukan penyisiran hingga ke wilayah Utara dari lokasi kecelakaan Kapal Bigetron GT-6, atau sekitar perairan Pulau Karampuang,” ujarnya.

Ia menjelaskan, selain melakukan pencarian dengan menyisir lautan, pihqknya. juga menempatkan satu tim drone untuk melakukan pencarian lebih cepat dan menyeluruh di sekitar lokasi yang diduga posisi kedua korban.

“Berdasarkan hasil prediksi lokasi pencarian (SAR Map prediction), KN SAR Parikesit 251 hari ini melakukan penyisiran hingga radius 173 NM (Nautical Mile),” jelasnya.