IDENTITAS.CO.ID, MAKASSAR – Semua Jemaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Makassar yang berjumlah sekitar 15.884 orang akan diberangkatkan ke tanah suci melalui Bandara Sultan Hasanuddin dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia tipe Boeing 777-300ER, dengan kapasitas 393 penumpang.

Untuk pemberangkatannya sendiri, JCH Embarkasi Makassar akan diberangkatkan dalam 41 kelompok terbang (kloter). Adapun jadwal pemberangkatan (embarkasi) maupun kedatangan (debarkasi) mulai 14 Juli-3 Agustus 2023.

Untuk mendukung kelancaran penyelenggaran Haji 2023, PT Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Sultan Hasanuddin telah menyiapkan berbagai fasilitas dan menjalin kerja sama dengan berbagai stakeholder untuk memastikan operasional berjalan baik dan lancar.

“Kami telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait seperti Otoritas Bandara, Kementerian Agama Sulsel, Airnav Makassar, TNI AU, PHRI, Imigrasi, Beacukai, Kantor Kesehatan Pelabuhan Makassar, Garuda Indonesia, Gapura dan pihak lainnya untuk memastikan operasional berjalan dengan baik dan lancar,’’ ujar Wahyudi selaku General Manager Bandara Sultan Hasanuddin.

Dari sisi bandara, Wahyudi menyebutkan pihak Angkasa Pura Airports selalu memastikan agar alat produksi seperti runway, taxiway dan apron siap digunakan. Selain itu, juga menempatkan personil Aviation Security (AVSEC) yang secara khusus bertugas melakukan pemeriksaan barang dan penumpang.

“Terdapat 15 personel AVSEC yang melakukan pemeriksaan penumpang dan 8 personel AVSEC untuk pemeriksaan bagasi. Semua pemeriksaan baik dokumen, imigrasi dan keamanan dilakukan di Asrama Haji pada saat proses keberangkatan.” urai Wahyudi.

Sebagai informasi, JCH kloter pertama embarkasi Makassar yang berjumlah 387 orang telah diberangkatkan ke tanah suci pada Rabu 24 Mei 2023, pukul 01.47 wita melalui Bandara Sultan Hasanuddin, menggunakan Garuda Indonesia GA1101 tujuan Madinah. JCH kloter pertama yang diberangkatkan ini merupakan jemaah asal Kota Makassar. (***)