IDENTITAS.CO.ID, POLMAN – Seorang ibu bernama Kamsiati yang mudik dari Topoyo, Sulawesi Barat, menuju Palopo, Sulawesi Selatan, terpaksa harus melahirkan bayi laki-laki di tengah perjalanan, saat akan mudik kekampung halaman pada Jumat (21/4/2023).

Kamsiati mudik bersama keluarganya menggunakan mobil truk dari Topoyo pada Kamis (20/4/2023) sekitar pukul 15:00 wita, namun di tengah perjalanan ia merasakan sakit dan mulas, sehingga memutuskan untuk singgah di masjid yang ada di Kecamatan Polewali, Kabupaten Polewali Mandar.

Saat itu ketuban ibu Kamsiati pecah, sehingga pihak keluarga dibantu warga sekitar mengevakuasi ibu hamil tersebut ke Puskesmas Polewali, setelah mendapatkan penanganan selama berjam jam, ibu Kamsiati akhirnya berhasi melahirkan bayi berjenis kelamin laki laki secara normal

Kondisi bayi yang lahir secara normal ini dalam keadaan sehat dan memiliki berat 3,8 Kilogram, sementara ibunya masih menjalani perawatan di Puskesmas Polewali akibat kelelahan.

Kasmiati di prekirakan baru akan melahirkan pada pekan depan, sehingga ia berencana untuk bisa melahirkan di kampung halaman dan terpaksa harus menempuh perjalanan ratusan kilometer untuk bisa tiba di kamoung halaman.

Ibu Kasmiati, mengatakan, sebelum melahirkan ia sudah merasakan sakit di atas mobil sehingga ia menepi untuk singgah ke masjid untuk buang air kecil namun ia merasakan jika ketubannya pecah.

“Dari Topoyo, mau mudik pulang kampung ke Palopo, cuma tiba-tiba di jalan sakit jadi sampai di masjid sini, turun rencananya mau buang air kecil, tapi ternyata ketuban saya pecah jadi saya minta tolong ke orang untuk di bawa ke sini,” kata Kamsina saat ditemui di Puskesmas Polewali, Jumat (21/4/2023).

Menurutnya, ia bersama keluarganya memutuskan untuk pulqng kampung lantaran kelahiran bayinya di prediksi terjadi sekitar satu minggu lagi.

“Kalau ke Palopo kita butuh waktu sekitar satu hari satu malam perjalanan, saya naik truk dengan keluarga. Saya berangkat dari tobadak sekitar jam 3 sore. Saya merasa masih lemah, kondisi anak saya sehat, rencananya saya akan masih tinggal di puskesmas, terpaksa harus lebaran disini,” ungkapnya.

Sementara itu, Bidan Puskesmas Polewali, Nur janna, mengatakan, pasien yang akan melahirkan saat melakukan mudik ini masuk ke Puskesmas sekitar pukul 04:00 wita dini hari dan melahirkan pada Jumat sekitar pukul 07:00 wita.

“Setelah sampai disini, teman kami langsung melakukan pemeriksaan, ternyata pembukaannya sudah 7-8, kemudian pada pukul 07:00 wita itu, dia¬† melahirkan disini dan Alhamdulillah dia lahir dengan normal,” ujarnya.

Saat ini, kata Nur Janna, pasien masih membutuhkan perawatan lantaran kelelahan akibat perjalanan jauh yang dilalui oleh pasien.

“Kondisi bayinya normal Alhamdulillah, baik bayi maupun ibunya. Cuma ibunya saat ini dalam kondisi lemah, karena mengantuk akibat perjalanan kesini, dia masih lemas. Dia masih butuh perawatan di sini. Mungkin sekitar dua hari baru dia lanjutkan mudik,” jelasnya.