IDENTITAS.CO.ID, POLMAN – Mudik lebaran merupakan tradisi yang dilakukan sebagian besar umat muslim menjelang Hari Raya Idul Fitri. Sebab merayakan Hari raya Idul Fitri akan terasa kurang jika tidak berkumpul bersama keluarga.

Namun, meninggalkan rumah kosong saat mudik dengan segala isinya dapat membuat khawatir. Terlebih, maraknya kasus pencurian saat musim mudik membuat kita harus lebih waspada.

Meninggalkan rumah kosong saat mudik memang memerlukan beberapa persiapan agar tetap aman dari pencurian atau tindakan kriminal lainnya.

Berikut adalah beberapa tips mudik aman, tenang dan nyaman Ala Polres Polman.

 

Keamanan Lingkungan

Kordinasikan ke RT/RW setempat dan keamanan lingkungan.

 

Pengamanan Rumah

Rumah pastikan dalam keadaan terkunci dan titipkan kepada tetangga yang tidak melakukan mudik dan pastinya anda percayai.

 

Cek Keadaan Rumah

Pastikan tinggalkan rumah dalam keadaan aman (cek listrik, matikan kerang air dan cabut selang gas ke kompor).

 

Cek Kelengkapan

Yakinkan diri anda sudah siapkah baik kelengkapan transportasi maupun kelengkapan pribadi.

 

Kapolres Polman, AKBP Agung Budi Leksono, mengatakan, selain memperhatikan empat poin tips diatas ia juga menghimbau ke Masyarakat agar menghubungi kontak layanan Polisi di 110.

“Silahkan hubungi layanan polisi di No 110 atau layanan Lapor Pak Kapolres di 082112011978 pasti kita respon laporan warga,” jelasnya.

Ia berharap kondisi keamanan khamtibmas saat mudik lebaran nanti tetap berjalan dengan aman dan tentram, sehingga masyatakat bisa menyambut lebaran idul fitri 1444 Hijriah dengan tenang dan damai.