IDENTITAS.CO.ID, POLMAN – Tindak lanjuti aduan masyarakat terkait tumpukan sampah yang ada di area RSUD Hajja Andi Depu Polewali, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Polewali Mandar, Jupri Mahmud bersama sejumlah anggota Komisi III DPRD Polman meninjau lokasi tersebut.

Kedatangan sejumlah anggota DPRD Polman ini untuk mamastikan jenis sampah yang dilaporkan oleh warga, Sampah Demostik atau sampah medis RSUD.

“Kami datang kesini untuk memastikan apakah ini sampah medis atau bukan karena ini sangat beresiko jika menumpuk di sekitar RSUD, tapi setelah kita kroscek ternyata bukan sampah medis, ini sampah Domestik,” kata Jufri Mahmud, Selasa (14/3/2023).

Ia menyarankan agar pihak RSUD segera koordinasi dengan DLHK terkait penanganan sampah.

“Kami minta manjemen RS untuk menindaklanjuti hal tersebut, karena secara aturan, sampah tidak dibenarkan ada di area Rumah Sakit karena dapat menimbulkan penyakit terlebih Rumah Sakit merupakan tempat masyarakat berobat,” ungkapnya.

Selain itu Ketua Dprd meminta kepada komisi III untuk melakukan hearing kepada Dinas Lingkungan Hidup terkait penanganan sampah Domestik di RSUD Hajja Andi Depu secara khusus dan secara umum Kabupaten Polman yang masih bergelut dengan sampah.

“Sudah satu tahun tidak menemukan solusi yang terbaik dalam penanganan sampah. Kita perlu kerja ekstra baik itu dari Legislatif , Eksekutif dan semua masyarakat , secara bersama-sama menyelesaikan masalah sampah ” ujarnya.