IDENTITAS.CO.ID, JAKARTA – Lembaga Kajian Politik Nusakom memprediksi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan diikuti tiga kandidat Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres).

Tiga nama yang diprediksi bakal maju sebagai Capres 2024 yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

“Saya tetap haqqul yaqin Pilpres 2024 akan diikuti 3 pasangan Capres-Cawapres,” kata Direktur Lembaga Kajian Politik Nusakom Pratama Ari Junaedi, dikutip identitas.co.id dari Kompas.com, Selasa (28/2/2023).

Menurut Ari, besar kemungkinan Anies Baswedan diusung oleh Koalisi Perubahan, kerja sama tiga partai yang sejak lama digagas oleh Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Anies sendiri sudah dideklarasikan sebagai kandidat Capres oleh Nasdem sejak Oktober 2022 lalu. Belakangan, Demokrat dan PKS menyatakan dukungan mereka buat mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Sementara, Prabowo diyakini maju ke panggung Pilpres lewat koalisi Kebangkitan Indonesia Raya yang dibentuk Partai Gerindra bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sejak Agustus tahun lalu, Prabowo memang telah menyatakan kesiapannya kembali bertarung di pentas pemilu di bawah bendera Gerindra.