IDENTITAS.CO.ID, POLMAN – Tim SAR gabungan dikerahkan untuk mencari Seorang warga bernama Rusli (29) warga Lingkungan Lampa Toa, Kelurahan Mapilli, Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, yang dilaporkan tenggelam disungai Maloso, Mapilli, pada Jumat kemarin.

Dua hari melakukan pencaria tim SAR gabungan berhasil menemukan korban dalam keadaan meninggal dunia, Sabtu (11/2/2023).

Proses pencarian korban di hari kedua, hanya memakan waktu kurang lebih dua jam. Korban ditemukan tim yang dibantu warga menyisir aliran sungai dengan cara menyelam.

Korban ditemukan di dasar sungai sekitar pukul 08:45 Wita dengan jarak sekitar 100 meter dari lokasi korban dilaporkan tenggelam. Warga sekitar kemudian menggotong jenazah korban dari sungai menuju daratan.

Saat ini tim SAR gabungan telah mengevakuasi jenazah korban untuk dibawa ke rumah duka untuk diserahkan ke pihak keluarga.

Kepala Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Mamuju, Aswandi, mengatakan, pihaknya memulai pencarian hari kedua terhadap korban yang tenggelam di sungai sekitar pukul 07.00 wita dengan menurunkan perahu karet.

“Tim SAR gabungan membagi dua SRU, SRU pertama melakukan pencarian dengan menyisir menggunakan perahu karet mulai dari lokasi kejadian ke arah tenggara dengan radial 143┬░sejauh 2,5 KM,Sedangkan SRU dua melakukan pencarian dengan berjalan kaki menyisir kiri dan kanan sungai dari lokasi kejadian kearah tenggara dengan dengan radial 143┬░sejauh 2.5 km,” jelasnya.

Pria berusia 29 tahun ini tenggelam akibat kelelahan saat berenang kepinggir sungai, usai mencari udang bersama 4 orang temannya, mereka berenang mengarungi sungai untuk pulang kerumah namun korban yang berada diurutan paling belakang mengalami sesak nafas sebelum akhirnya tenggelam.

Saat korban tenggelam rekannya sempat berusaha menyelamatkan korban, namun derasnya arus membuat korban tidak sempat diselamatkan.Korban diketahui memiliki sejumlah riwayat penyakit bahkan bebrapa hari terakhir korban sering mengalami sesak nafas.

Aswandi menambahkan dengan ditemukannya korban, maka operasi SAR dinyatakan selesai dan diusulkan untuk ditutup.

“Kepada unsur SAR yang terlibat dikembalikan ke instansi organisasi masing-masing dengan diucapkan terima kasih atas kerjasamanya,” ungkapnya.

Adapun unsur yang terlibat dalam pencarian ini yakni, Yim Basarnas Mamuju, Unit Sar Majene, Polres Polman, PSC 119 Polman, SAR UNM, SAR Lasinrang, Mapala Sandeq Kodim 1402 Polman dan Masyarakat.*