IDENTITAS.CO.ID, KROASIA – Kroasia merupakan negara kecil dengan luas wilaya 60.000 Km persegi, dan hanya berpenduduk sekitar 4 Juta orang. Sangat kecil dibandingkan tiga negara lainnya: Prancis, Maroko, Dan Argentina yang sama sebagai peserta disemifinalis belum lama ini di perhelatan Akbar Piala Dunia Katar 2022.

Kondisi luas wilayah dan jumlah penduduk bukan jadi persoalan bagi Kroasia. Di bawah arahan pelatih Zlatko Dalic, mereka punya mimpi-mimpi besar.

“Semua orang berhak bermimpi. Empat tahun lalu, Kroasia yang merupakan negara terkecil berusaha meraih mimpinya,” kata Zlatko Dalic. “Mereka sama-sama baik dipiala dunia Katar”, sambungnya.

Meski pada akhirnya tak mampu mengalahkan Argentina di semifinal beberapa waktu lalu, Timnas Kroasia berhasil menjadi tim peringkat ketiga di piala dunia Qatar 2022 setelah meraih kemenangan dipertandingan akhir 2-1 atas Maroko dalam laga perebutan tempat ketiga di Khalifa International Stadium, Al Rayyan, Sabtu (17/12/2022) malam WIB.

Ini adalah kali kedua Kroasia meraih tempat ketiga di Piala Dunia, setelah sebelumnya terjadi di tahun 1998. Kroasia juga mampu menjadi runner-up pada Piala Dunia di tahun 2018.