IDENTITAS.CO.ID, MAKASSAR – Raket Kerja Pokja PAUD Kota Makassar 2022, Ketua TP PKK Kota Makassar, yang juga selaku Bunda PAUD Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail tekankan upaya pembenahan pendidikan, yang dimulai dari pendidikan dasar dalam hal ini TK/PAUD.

Raker Pokja yang digelar di Hotel Aston, Selasa (22/03/2022) berjalan cukup alot, dimana seluruh bidang-bidang Pokja PAUD memaparkan program kerja yang akan dilaksanakan selama tahun 2022.

“Kita ingin membantu pemerintah untuk membenahi pendidikan yang ada di kota Makassar, membangun infrastruktur yang berstandar, sehingga anak-anak kita dapat menikmati dunia pendidikan yang layak dan berkualitas,” ujar ibu Indira Jusuf Ismail.

Sejak tahun 2021, Pokja PAUD Kota Makassar, telah merencanakan, mendesain, hadirnya PAUD berstandar, yang akan dihadirkan di setiap kecamatan di Kota Makassar, untuk dijadikan bahan percontohan, sebagai sekolah PAUD yang representatif. Dan diharapkan di tahun 2022 ini dapat segera direalisasikan.

Adapun program kerja masing-masing bidang Pokja PAUD, diantaranya yakni Bidang Perencanaan/Pengembangan Program, yang merencanakan untuk mengadakan pelatihan tenaga pendidik khususnya untuk anak berkebutuhan khusus (ABK), pelatihan tenaga pendidik untuk pendidikan karakter, kunjungan sekolah PAUD dan berdongeng sebagai literasi dasar, Gebyar PAUD dalam rangka peringatan hari anak nasional, Serta sosialisasi tentang PAUD Holistik Integratif, pemenuhan gizi untuk anak stunting dan ABK, pemberian makanan tambahan di posyandu. Bidang sosialisasi/advokasi, yang akan mensosialisasi PAUD Negeri yang akan dibangun di 15 kecamatan se kota Makassar sehingga dapat segera direalisasikan.

Bidang Koordinasi/kerjasama kemitraan, berfokus pada upaya menjalin kerjasama dengan melakukan audience bersama perbankan, penandatanganan MoU, BUMN, BUMD, terkait bantuan CSR, menjalin koordinasi bersama SKPD lingkup pemerintah kota Makassar, serta menjalin kemitraan bersama lintas komunitas, organisasi kepemudaan, organisasi perempuan, dan lainnya yang dapat menunjang kesuksesan program kerja Pokja PAUD Kota Makassar

Bidang Pengawasan dan Monitoring, melakukan koordinasi dengan unsur dinas pendidikan, kecamatan serta organisasi mitra PAUD, mengawasi satuan PAUD melaporkan perkembangan lembaga dan layanan peserta didik.